RESEP PRAKTIS MEMBUAT TAPE KETAN HITAM MANIS, WEDANG TAPE KETAN HITAM KHAS BOJONEGORO DAN WEDANG RONDE KETAN HITAM

Kompilasitutorial.com -Bojonegoro adalah nama Kabupaten yang berada di Jawa Timur, Indonesia terkenal dengan sebutan bumi Angling Dharmo. Sejarah yang menarik menjadikan Kabupaten Bojonegoro dikenal bersama kuliner khas Bojonegoro, siapa tahu kalau kamu sewaktu-waktu berkunjung ke Bojonegoro. Salah satunya dengan minuman khas Bojonegoro yaitu wedang tape, di bojonegoro menggunakan tape ketan hitam dan menjadi ciri khas kabupaten bojonegoro. Minuman cocok di minum pada waktu musim dingin karena bisa menghangatkan badan. Di bawah ini kita akan bahas mengenai proses pembuatan tape ketan hitam serta resep praktis wedang jahe ketan hitam dan di modifikasi menjadi wedang ronde ketan hitam. simak yuk resepnya

Cara membuat tape ketan hitam yang manis
Bahan:
-500 gram beras ketan hitam
-2 gelas air panas
-2 sdm gula halus
-2 butir ragi. 
-Daun pisang juga diperlukan untuk membungkus.

Langkah -langkah:
-Beras Direndam Semalaman
Beras ketan yang sudah dicuci, direndam semalaman terlebih dahulu. Keesokan harinya saat akan dimasak, beras perlu ditirisakan hingga kesat. Kemudian, kukus beras ketan setengah matang.
-Tuang Air Panas pada Beras Ketan yang Dikukus
Begitu beas ketan yang dikukus sudah mengepulkan uap panas, siram dengan 2 gelas air panas. Kemudian aduk kembali sampai rata. Lanjutkan proses pengukusan sampai beras ketan matang. Setelah matang, beras diratakan dalam nampan. Biarkan sampai benar-benar dingin.
-Bungkus dengan Daun Pisang
Kita bisa mengambil wadah yang besar sekaligus dan memberinya alas daun pisang. Masukkan beras ketan, ratakan, lalu taburi dengan ragi yang sudah dihaluskan (dan gula bila ingin rasanya lebih manis) sampai rata. Tambahkan lapisan beras ketan, taburi dengan ragi, dan lakukan berulang sampai beras habis. Tutup permukaan atas dengan daun pisang. Pastikan ditutup rapat. Bisa dilapisi dengan kain serbet bersih di atasnya sebagai penutup. Simpan di tempat yang hangat.
-Tape Ketan Baru Boleh Dibuka setelah 3 Hari 2 Malam
Jangan terlalu sering membuka dan menutup daun pisang atau mengintip tape ketan. Agar fermentasinya berjalan dengan baik, sebaiknya tape ketan baru boleh dibuka setelah 3 hari 2 malam.

Cara pembuatan tape ketan hitam:
-sediakan tape ketan hitam secukupnya
-gula secukupnya
-air panas secukupnya

Langkah-langkah:
-masukkan tape ketan hitam ke dalam gelas
-tambahkan gula secukupnya
-tambahkan air panas
-aduk-aduk hingga gula larut
-selesai

Cara praktis membuat wedang ronde ketan hitam
Bahan:
-250 g tape ketan hitam

Wedang: 
- air kelapa  
-400 g jahe emprit, bakar, memarkan
-200 g gula pasir 
-6 batang serai, memarkan
-6 lembar daun jeruk
-4 lembar daun pandan, simpulkan
-1 sdt garam 

Isi: 
-150 g kacang tanah kupas, panggang
-150 g kacang mete, panggang
-100 g gula jawa

Ronde: 
-200 ml air panas
-200 g tepung beras ketan
-50 g tepung ketan hitam
-1 sdt air kapur sirih
-½ sdt garam

Cara Membuat:
Wedang: Masak semua bahan di atas api kecil hingga mendidih. Angkat. Sisihkan. 

Isi: Masukkan semua bahan ke dalam food processor. Proses menggunakan pulse mode hingga mengental atau mencapai konsistensi selai kacang. Tidak perlu menambahkan minyak karena lambat laun kacang akan mengeluarkan minyak alaminya. 

Ronde: Aduk rata semua bahan. Uleni terus agar hasil jadinya kenyal. Ambil 1 sdt adonan. Isi dengan selai kacang. Bulatkan. 
Rebus dalam air panas hingga matang dan mengambang. Angkat, tiriskan. Campur ke dalam wedang bersama tapai ketan hitam. Sajikan hangat. 

nah itu tadi resep praktis membuat tape ketan hitam, wedang ketan hitam khas bojonegoro serta wedang ronde ketan hitam yang cocok di minum di cuaca dingin. selamat mencoba


0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share