Cara Membuat Mie Celor Khas Muaro Jambi yang Paling Enak

foto sumber google
Kompilasitutorial
.com ~ Jika kita sedang berkunjung ke Muaro Jambi tidak salahnya untuk mencoba kuliner ini. kuliner ini biasa juga anda temukan di daerah palembang juga, yup nama kuliner ini adalah mie celor. mie celor ini mempunyai cita rasa yang mantap untuk di nikmati di waktu yang dingin karena bisa menghangatkan badan. mie celor mempunyai mie yang berukuran besar di bandingkan dengan mie yang lainnya, untuk ukurannya sendiri biasanya sama dengan mie aceh atau mie jepang. mie celor ini di buat dengan perpaduan kuah santan serta kaldu yang berisi kaldu ebi yang membuat cita rasa mie ini menjadi super nikmat. untuk menemukan mie celor ini mungkin sedikit kesulitan karena tidak sepopuler mie ayam, namun untuk menikmati mie celor ini anda bisa membuatnya di rumah. untuk cara membuatnya juga termasuk mudah karena bahan serta langkahnya cukup simple jadi anda bisa membuatnya sendiri di rumah meskipun anda tidak jago masak sekalipun. untuk resep serta cara membuatnya ada di bawah ini, simak yuk cara membuat mie celot yang super duper nikmat ini.

Resep membuat mie celor
Bahan:
-Mie telur kering
-20 ekor udang ukuran sedang, kupas kulitnya, kemudian potong kasar (kulit jangan dibuang untuk membuat kaldu)
-1 sendok makan ebi kering, kemudian rendam air hangat
-6 butir bawang merah
-3 siung bawang putih
-100 ml santan kental (gunakan yang instan/sachet)
-2 sendok teh kecap asin
-¼ sendok teh lada bubuk
-2 sendok teh garam
-2 sendok teh gula pasir
-minyak goreng secukupnya
-4 sendok makan tepung terigu, larutkan dalam air sedikit saja

Bahan Pelengkap:
-Tauge siangi kemudian rebus.
-Daun bawang secukupnya iris halus
-Seledri secukupnya kemudian iris halus
-Telur ayam rebus
-Sambal rawit (optional)

cara membuatnya:
-Haluskan bawang merah, bawang putih, dan ebi, dengan menggunakan ulekan dan blender.
-Masukan hasil bumbu halus anda kemudian tumis hingga tercium aroma harum.
-Masukkan udang, kemudian tumis hingga udang berubah warna.
-Masukkan kaldu udang yang anda buat dari kulit udang yang direbus (secukupnya) beserta dengan santan kental, aduk rata dan didihkan.
-Tambahkan bumbu serta larutan tepung terigu, lalu aduk hingga mengental.
-Siapkan piring saji kemudian tata mie telur, tauge, dan telur rebus dalam mangkuk.
-Siram kuahnya ke dalam mie dengan perlahan.
-Taburkan dengan daun bawang dan seledri ke dalam mie yang anda buat.
-Sajikan 

baca juga : cara membuat bolu kojo yang lembut anti gagal

Cara Membuat Bolu Kojo Khas Muaro Jambi Anti Gagal

foto sumber google
kompilasitutorial.com
~ jika anda sedang berlibur ke daerah jambi khususnya kabupaten muaro jambi jangan lupa untuk menikmati kuliner yang satu ini. nama makanan ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi anda, karena makanan ini sudah di kenal dari jaman dulu. nama makanan ini adalah bolu kojo. bolu kojo ini sangat populer di daerah sumatra khususnya daerah Riau, palembang, bengkulu dan jambi. bolu kojo biasanya juga di sebut dengan bolu kemojo yaitu bolu yang mempunyai bentuk seperti bunga kamboja. bentuk seperti bunga kamboja karena bentuk cetakan menyerupai bunga kamboja dan biasanya di jadikan menu untuk buka puasa. untuk masyarakat muaro jambi, bolu ini biasanya di sajikan dalam acara pesta adat. kue ini akan terasa sangat nikmat jika di santap dengan segelas teh manis yang masih hangat. jika anda sedang berada di muaro jambi, tidak salahnya anda mencoba kuliner ini dan pastinya anda akan ketagihan oleh kelembutannya. jika anda berminat untuk membuatnya, anda tidak perlu repot lagi untuk mencari resepnya, di bawah ini sudah kami sediakan resepnya jadi anda tinggal eksekusi. simak yuk resep bolu kojo khas muaro jambi yang super nikmat anti gagal
Cara membuat bolu kojo khas muaro jambi
Bahan-bahan:
-4 butir telur
-300 gr gula halus
-500 gr tepung terigu
-100 gr blueband/butter
-20 lembar daun pandan 
-10 lembar daun Suji 
-800 ml santan kental 

cara membuat bolu kojo:
-Masukan santan dan potongan daun Suji dan pandan kedalam blender.Proses hingga halus,kemudian diperas dan disaring
-Masak santan dengan api kecil masukan blueband dan masak sampai blueband meleleh.Sisihkan
-Kocok telur dan gula halus dengan balon whisk sampai gula larut
-Tuang terigu kewadah,bentuk cekungan ditengahnya.Tuang kocokan telur,aduk dengan balon whisk tercampur rata
-Tuang santan sedikit demi sedikit sambil trus diaduk.sampai tekstur adonan kental
-Tuang adonan keloyang Tulban ukuran diameter 23cm yang sudah dioles margarine
-Oven 1jam tergantung oven masing2 
-Angkat tunggu dingin baru dipotong sajikan
 

baca juga : cara membuat gulai kemumu yang super nagih

13 Tempat Wisata di Pati TERPOPULER dan TERBARU

Kompilasitutorial.com ~ Apakah anda sedang berencana pergi ke Jawa Tengah? yup jangan lupa untuk mampir ke kabupaten pati. kabupaten pati yang sudah terkenal dengan kacangnya yaitu kacang atom garuda dan dua kelinci menyimpan segudang tempat wisata yang pastinya akan membuat anda bercak kagum dengan keindahannya. kabupaten pati berada di lereng gunung muria yang berbatasan langsung dengan kabupaten kudus, blora, rembang serta grobogan dengan panorama laut, gunung yang indah. jika anda sedang berkunjung ke kabupaten pati ini, ada beberapa tempat wisata yang rekomended banget buat anda untuk melepas penat selama ini. untuk HTM sendiri cukup murah bahkan gratis. untuk tempat kuliner juga ada, yaitu alun-alun kembang joyo yang berada di desa kalidoro pati. di sana anda akan mendapatkan berbagai macam kuliner dan permainan anak-anak. oke, kita lanjutkan untuk membahas tentang tempat wisata yang tiada habisnya. yuk kita simak tempat wisata yang kami rekomendasikan buat anda yang sedang berencana berlibur 

1. Agro wisata Jollong
agro wisata jollong berada di desa sitiluhur kecamatan gembong. di sini anda mendapatkan pemandangan hamparan kebun kopi yang luas. anda juga bisa belajar tentang mengenal kopi kepada para petani. tidak itu saja, di sini anda akan mendapatkan pemandangan yang indah berupa hamparan taman bunga serta berbagai permainan anak jadi anda tidak perlu khawatir tentang putra putri anda yang bosan berlibur.





2. Air terjun Grenjengan
Air terjun grenjengan
berada dekat dengan agro wisata jollong. tempat ini sangat menarik karena akses menuju kesana di suguhkan hutan kopi dengan jalan yang berliku. air terjun ini berada di desa klakahkasian kecamatan gembong. sebelum ke air terjun anda bisa menikmati pemandangan pabrik kopi peninggalan jaman belanda yang masih sampai sekarang serta anda bisa membeli oleh-oleh khas jollong yaitu kopi jollong yang bisa anda beli di penduduk sekitar.





3. Waduk Gunung Rowo
Waduk gunung rowo
masih mempunyai lokasi dekat dengan agro wisata jollong dan air terjun grenjengan yaitu berada di desa sitiluhur kecamatan gembong, desa tajungsari kecamatan tlogowungu pati. di sana anda akan di suguhkan pemandangan yang indah. jika anda sedang lapar, anda bisa menikmati ikan bakar.




4. Air terjun Tretes
Air terjun tretes
ini berada di desa tajungsari kecamatan tlogowungu. lokasi air terjun ini sangat dekat dengan waduk gunung rowo, untuk ke sana di perlukan tenaga ekstra karena sedikit menanjak dan turunan. selama perjalanan, anda akan akan di suguhkan kearifan lokal penduduk setempat








5. Bukit Naga Jollong

Bukit naga jollong
bukan berarti ada naga raksasa di sana akan tetapi berupa hamparan kebun buah naga. di sana anda juga bisa memetik buah naga dan makan di tempat, untuk buah tangan anda bisa membelinya untuk di bawa pulang. dulunya kebun ini merupakan kebun kopi yang di sulap menjadi kebun buah naga.



6. Waduk Seloromo Gembong

Waduk seloromo gembong
merupakan waduk peninggalan jaman belanda yang berfungsi untuk pengairan. waduk ini berada di kecamatan gembong. untuk HTM sendiri gratis, hanya saja ada kotak untuk memberikan sumbangan seikhlasnya saja jadi tidak ada paksaan sedikitpun yang akan di gunakan untuk kebersihan area sekitar waduk. waduk ini sangat indah ketika kemarau, karena anda bisa sampai ke dalam waduk. waduk ini biasanya menjadi spot foto selfie maupun prewedding. di sana anda juga bisa melihat pohon beringin yang sudah berumur ratusan tahun yang biasanya di sebut pohon cinta.

7. Pantai kertomulyo

Pantai Kertomulyo
berada di desa kertomulyo kecamatan trangkil, pantai ini berada kurang lebih sekitar 17 km dari pusat pati. di sana anda akan di suguhkan dengan keindahan mangrove. di sana juga di sediakan tempat duduk, gazebo yang bisa menjadi spot foto.




8. Pantai Idola Banyutowo

Pantai idola banyutowo
merupakan hamparan pantai yang luas dengan pemandangan yang indah. lokasi pantai ini berada di desa banyutowo kecamatan tayu yang berbatasan dengan kabupaten jepara. jika anda ingin kesana, sebaiknya anda menunggu waktu yang tepat. jika pas waktunya warga sekitar membuat sedekah laut, pantai ini akan banyak sekali pengunjung

9. Bendungan Kletek

Bendungan kletek
merupakan sebuah bendungan yang sudah lama. bendungan ini berada di kecamatan pucakwangi kabupaten pati. disana anda bisa berfoto dengan spot foto yang unik yaitu berupa jembatan merah atau lambang love yang unik.




10. Bukit View Santamulya

Bukit View Santamulya
atau biasanya di kenal dengan bukit pandang berada di pegunungan kapur kendeng. tempat wisata ini berada di tanjakan atau istilah jawa santo yang berarti tanjakan. di sana anda akan di suguhkan spot foto selfie yaitu logo "i love u" , rumah pohong, lorong cinta, batu gedek, wayang ucul, sarang burung

11. Goa Pancur

Goa Pancur
berada masih di sekitar pegungungan kapur yaitu pegunungan kendeng. di dalam goa pancur, anda akan di suguhkan air yang berada di dalam goa serta stalaktit batu tirai dan batu sayap serta stalagmit berupa petak sawah yang unik.




12. Air Terjun Lorotan Semar

Air Terjun Lorotan Semar
berada di desa sumbersari kecamtan kayen kabupaten pati. Air terjun ini mempunyai arus yang cukup deras dengan di apit dua bukit kapur yang indah. spot ini biasanya di gunakan untuk spot foto 


13. Goa Wareh

Goa Wareh
berada di desa kedumulyo kecamatan sukolilo kabupaten pati. goa wareh ini masih jarang sekali di ketahui wisatawan dari luar pati. di sana anda bisa berendam sumber mata air yang konon katanya airnya bisa membuat awet muda dan belum ketemu jodohnya bisa cepat bertemu dengan jodohnya.  

Itu beberapa tempat wisata yang berada di Kabupaten Pati, dan masih banyak lagi tempat wisata yang belum tereksplor lagi. terima kasih dan salam hangat.

Cara Setting Karbu PE 28 Agar Tarikan Makin Joss ~ Honda CS1

foto sumber google
Kompilasitutorial.com
~ selamat datang kembali para rider para pecinta oprek motor. kali ini ane akan bahas nih setting karbu pe 28 bawaan honda NSR dengan segala masalah jika di pasang motor 4 tak karena ukuran spuyer yang terlalu gede. ini pengalaman ane setting karbu pe 28 di honda cs1 ane, dan bisa di simak nih jadi anda tidak pusing lagi untuk setting karbu pe 28 di cessy anda. hari ini ane dah ganti jarum skep pake punya tiger, terus set klip-nya di posisi 2 dari bawah, ganti main jet pake 145, pilot jet pake 35, dan puteran angin 1,5. hasilnya, semua keluhan ane selama sebulan ini HILANG!! penyakit gas/rpm ga mau turun ketika di geber diputaran atas (diatas 6000) hilang juga. penyakit brebet di rpm 3000-4500 juga hilang. tarikan tengah sampe atas sangat galak, tapi belum segalak waktu setting pertama ketika main jet masih pake 115, pilot jet 42, dan jarum skep ori, klip di tengah, puteran angin 1,5.

berhubung stok MJ cuma ada sampe 145, mesti eksperimen buat nurunin posisi klip ke paling bawah, serta nyoba puteran angin 2-2,5. status saat ini, langsam ok di 1500 rpm, power atas ngisi terus, tengahnya sdikit kurang tapi OK, bawahnya kurang respon tapi OK. so buat temen temen disini yg ngalamin gas/rpm ga mau turun turun, coba perhatiin di rpm atau puteran gas mana rpm-nya ga mau turun?? klo diputaran atas atau ketika dibejek spontan atau dibetot habis terus RPM ga mau turun atau turunnya lama, artinya MJ terlalu kering. mesti dinaikin. klo di puteran tengah gas ga mau turun, artinya jarum skep terlalu kering, coba dipindah posisi klip-nya biar lebih boros. atau ganti jarum skep lebih kurus.

klo di puteran tengah brebet, berarti jarum skep minta yg lebih gendut atau pindah posisi klip lebih naik. klo diputeran bawah RPM ga mau turun a.ka nyangkut atau turunnya lama, artinya Pilot Jet (PJ) harus dinaikin. klo dibejek/gas poll mendadak bunyi mesin kek teriak BOOOOOOOOWWWWAAAAAAAAAAAAAAAHHHH artinya setting mesin kebanyakan angin, coba puter setelan angin biar lebih banyak bensinnya. klo masih tetep begitu juga, coba naikin jarum skep. klo masih juga, coba naikin main jet. .


hasil riset semalam suntuk kemarin ane berhasil menyimpulkan beberapa tips buat jetting karbu skep: (skep loh yah, vakum ga jaminan sama caranya):
NOTE: pertama kali tes, coba pake ukuran main jet dan pilot jet bawaan karbu, set puteran angin 2 putaran, dan jarum skep klip-nya ditengah.

cari settingan pilot jet.
# tes starter:
klo di starter saat pagi/mesin dingin agak susah, tapi dibantu choke langsung nyala, artinya pilot jet dah pas.
klo di starter saat pagi/mesin dingin gampang banget tanpa choke, artinya pilot jet terlalu kecil. mesti dinaikin
klo distarter susah, bahkan pake choke juga harus dibantu mlintir gas agak dalam, artinya pilot jet kegedean, coba turunin pilot jet-nya.

# test 1/8 sampai 1/4 putaran gas
klo brebet kayak mau mati, berarti kurang gede pilot jet-nya.
klo brebet tapi gak mati, berarti kebanyakan bensin, coba setel anginnya, klo masih juga berarti pilot jet kudu diturunin.
klo nembak nembak berarti pilot jet juga minta dinaikin.
klo gas dilepas malah lambat turunnya atau malah nyangkut, berarti kudu dinaikin pilot jetnya lebih gede.

cari settingan jarum skep
# test dari 1/4 sampe 3/4 putaran gas.
klo brebet naiknya kayak pengen mati, terus gas dilepas turunnya lama atau malah nyangkut RPM-nya. berarti jarum skep terlalu irit, coba turunin posisi klipnya.
klo brebet tapi ga mati, berarti jarum skep posisinya keborosan, coba naikin posisi klipnya.

cari setting main jet
#test dari 3/4 sampe full putaran gas
klo di gas poll brebet, susah naiknya, berarti main jet kegedean minta diturunin.
klo di gas poll teriakannya kenceng banget kayak pengen nangis berarti main jet kekecilan, naikin ukurannya.


that's all.

terus buat SPECIAL CASE:

# habis di gas poll begitu gas dilepas, knalpot nembak nembak
artinya suplai bensin kurang, coba setel pilot jet sama jarum skepnya biar lebih boros.

# klo di gas mendadak dari idle sampe poll tarikannya nahan, atau brebet dulu kayak pengen mati di bawah, dan suara mesin teriaknya BOOOOOOOOOOWAAAAAAAAAAAAAAHHH artinya suplai angin kebanyakan, coba setel anginnya biar bensinnya lebih banyak, atau naikin MJ, atau geser posisi klip lebih boros. intinya bensin kurang.
#kebalikannya klo di gas poll dari idle tarikannya mbrebet dulu terus ngacir, berarti pilot jet kegedean, main jet dah oke. coba setel biar suplai bensin diputaran bawah ga terlalu besar. bisa dgn setel angin dulu, pindah klip jarum skep atau ganti pilot jet lebih kecil.

# klo di gas brebet, tapi klo ngegasnya dibantu buka choke dikit terus chokenya langsung dilepas ga bunyi brebet lagi, berarti bensin kurang, naikin ukuran main jet atau posisi jarum skep.

#klo gas dibejek mendadak terus nyembur asep hitam, berarti bensin kurang, coba setting lagi biar bensin lebih banyak.
#klo setelah di gas poll terus gas dilepas RPM-nya ga mau turun, berarti kebanyakan angin, coba cek ada celah/robek di intake manifold ga atau kebocoran di area yg terkait dgn karbu? klo ga ada, berarti kudu setting biar bensin lebih banyak.
#klo di gas poll ga mau naik, malah bunyi kayak mesin beradu, blebek blebek, tarikan mesin buerat di puteran atas, dah pasti main jet kegedean.

istilah setting di special case yg ane maksud adalah: cari puteran angin dulu, terus pindah posisi klip jarum skep, baru ganti ukuran pilot jet/main jet, klo ga berubah juga, baru deh ganti ukuran jarum skep. inget

urutannya mesti begini dulu. biar gampang ketahuan mana yg ga benernya.

sementara ini dulu yg bisa ane share dari pengalaman ane seharian jetting emoticon-Big Grin
apabila ada yg kurang tepat, atau miss, atau malah secara teknis tidak sesuai, dimohon masukannya emoticon-Smilie

 baca juga : cara memperbaiki karburator tanpa harus ke bengkel

Cara Mudah Membuat Gulai Kemumu khas Merangin yang Nikmat

foto sumber google
Kompilasitutorial.com
~ selamat datang dan salam berjumpa lagi nih dengan kami para pecinta kuliner nusantara. kali ini kami akan memberikan referensi mengenai makanan khas dari daerah jambi khususnya merangin. makanan ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi pecinta kuliner nusantara khususnya bangko merangin jambi.di Bangko banyak terdapat tumbuhan yang bernama keladi atau di sana biasa di kenal dengan kemumu. kemumu ini banyak tumbuh di sekitar rawa, dan keberadaannya mungkin sangat mengganggu karena tumbuh subur di sana. oleh karena itu, banyak masyarakat yang memanfaatkan tumbuhan ini dengan cara mengolahnya menjadi makanan yang special sehingga menjadi makanan khas dari bangko. untuk cara mengolahnya juga sangat mudah, anda juga bisa membuatnya di rumah. biasanya kemumu ini di masak dengan campuran daging ayam yang sudah di potong-potong yang di beri kuah santan yang kental sehingga menambah kenikmatan kuliner ini apalagi di tambah dengan rempah pilihan yang membuat anda akan melupakan penat sejenak. 

Oleh karena itu, jika anda sedang berkunjung ke merangin khususnya bangko anda harus menyantap kuliner ini karena akan membuat anda ketagihan. jika anda sudah ketagihan, anda akan terus ingin menyantapnya. jika anda sudah berada di luar daerah mungkin anda akan kesulitan menemukan gulai kemumu ini jadi anda bisa membuatnya di rumah. bagaimana caranya? anda tenang saja, di bawah ini sudah kami sediakan resepnya jadi anda tinggal mencari bahan serta bumbunya saja. simak yuk cara membuat gulai kemumu khas merangin ini di jamin anda akan gagal fokus

Bahan-bahan:
-500 gr ayam, potong2
-2 batang kemumu ~ 300 gr
-700 ml santan kekentalan sedang
-Bumbu halus
-4 siung bawang merah
-3 siung bawang putih
-15 buah cabe merah keriting

Bumbu cemplung:
-1 lembar daun kunyit
-3 lembar daun jeruk
-1 batang serai, geprek
-1 jempol lengkuas,geprek
-2 ruas jari jahe, geprek
-1 sdt ketumbar bubuk
-Secukupnya garam
-Sejumput gula pasir

cara membuatnya:
-Buang kulit ari (kulit terluar) kemumu dan pelepahnya, batang yang agak besar dibelah dua, lalu potong2 sepanjang 2-3 ruas jari
-Cuci bersih kemumu lalu beri garam 1 sdm, remas2 hingga agak berbusa, diamkan sebentar, cuci bersih lalu remas, tiriskan
-Siapkan bumbu2. Blender bumbu yang dihaluskan. Panaskan minyak secukupnya, tumis bumbu halus hingga wangi, lalu masukkan bumbu cemplung, masak hingga agak layu
-Masukkan ayam, masak hingga agak berubah warna, lalu masukkan santan, masak hingga mendidih, setelah mendidih barulah tambahkan kemumu, jika suka boleh tambahkan juga kentang, aduk rata
-Masak dengan api sedang cenderung kecil, beri garam, masak hingga kuah menyusut dan timbul minyak, kuah juga sudah terserap ke dalam kemumu, tambahkan sejumput gula, koreksi rasa kembali, jika sudah pas, matikan api, angkat. 

baca juga ; resep sambal salabance yang bikin ngiler

5 Cara Memperbaiki Karburator Motor Sendiri Tanpa Harus ke Bengkel

Kompilasitutorial.com
~  Karburator merupakan salah satu komponen terpenting pada setiap kendaraan baik itu mobil atau motor, bila karburator mengalami kerusakan,penyetelan yang tidak tepat, atau kotor. Maka laju kendaraan akan terganggu. Fungsi Karburator yaitu untuk mengatur perbandingan campuran bahan kabar dengan udara
Beberapa pemilik sepeda motor mengaku kerap menghadapi persoalan meski sebelumnya kendaraan mereka sehat walafiat. Begitu pun dengan bahan bakar, tak pernah terlambat mengisinya.

Beberapa keluhan yang kerap terlontar adalah saat stasioner putaran mesin per menit (RPM) tidak stabil. Walhasil, saat motor dipanaskan atau dalam posisi diam dan pengendara tidak menarik tuas gas tiba-tiba suara mesin keras. Tak berapa lama kemudian kembali melemah. Begitu seterusnya.
Lantas apa saja permasalahan di karburator yang bisa menyebabkan permasalahan.  Bagaimana cara mengatasinya?

1. Mesin tersendat saat stasioner
Permasalahan ini terjadi karena campuran bahan bakar yang ada di venture (lubang karburator) dengan udara tidak cukup banyak dan seimbang. Walhasil, proses pembakaran juga tidak akan sempurna.

Bila pembakaran tidak sempurna, maka hentakan tenaga untuk mendorong piston yang akan menggerakkan motor juga lemah. Akibatnya, mesin tersendat-sendat atau istilah awamnya mbrebet. cara mengatasi permasalahan ini cukup mudah. Pertama putar setelan sekrup udara searah jarum jam atau arah menutup. Hal itu dimaksudkan untuk memperbanyak campuran udara dengan bahan bakar.

Kedua, pindah posisi pilot jet ke tingkat yang lebih besar. Ketiga, ganti jarum skep atau throttle dengan jarum yang berdiameter lebih kecil. Hal itu dimaksudkan agar campuran udara dan bahan bakar di venturi yang akan disemburkan ke ruang bakar mesin lebih besar.

2. Tarikan lemah
Kondisi ini persis seperti masalah nomor satu, yaitu campuran bahan bakar dan udara yang tidak sempurna seperti ukuran ideal yang ditetapkan oleh ahli dari pabrikan. Untuk mengatasinya, cukup mengganti main jet dengan ukuran yang lebih besar.

“Itu terjadi karena asupan bahan bakar tidak sesuai dengan standar atau istilahnya kering,” 

3. Motor terlalu banyak menghasilkan asap hitam
Umumnya para mekanik di bengkel menyebut masalah ini dengan istilah karburator terlalu basah. Artinya, asupan bahan bakar ke lubang venturi terlalu berlebih dari takaran seharusnya. Sebaliknya udara yang masuk terlalu sedikit.

Untuk mengatasinya, lakukan beberapa langkah. Pertama, putar sekrup setelan udara keluar atau ke arah melepas. Hal itu dimaksudkan untuk memperbanyak udara di venturi. Kedua, ganti pilot jet ke nomor yang lebih kecil. Ketiga, ganti jarum skep (throttle) dengan jarum yang berukuran lebih besar.

4. Mesin mengambang atau putaran mesin (RPM) lemah
Sering terjadi, saat pengendara motor telah menarik tuas gas hingga seperempat dari ukuran seharusnya putaran mesin ternyata ogah-ogahan beranjak naik. Sehingga, motor seperti sulit untuk dijalankan.

Kondisi seperti itu bisa terjadi karena bahan bakar yang masuk ke lubang venture karburator tidak sebanyak dari takaran yang dirancang oleh para ahli di pabrikan. Sebaliknya asupan udara yang lebih banyak. “Istilah bengkel, karburator terlalu kering,” terang Sutjiadi.

Cara untuk mengatasi masalah ini ada dua langkah yang harus ditempuh. Pertama, gunakan jarum skep (throttle) yang berukuran lebih kecil. Hal itu dimaksudkan agar campuran udara dan bahan bakar lebih banyak.

Kedua, putar skep setelan udara ke arah jarum jam atau mengencanginya sehingga udara yang masuk ke venture akan ditekan kuat ke arah ruang bakar. “Campuran udara dan bahan bakar yang telah seimbang dan didorong dengan kuat, akan menjadikan proses pembakaran lebih sempurna,” 

5. Kecepatan motor sulit bertambah dan tenaga mesin datar
Bila menemui kondisi seperti itu, berarti campuran udara dan bahan bakar di karburator terlalu banyak atau melebihi takaran yang semestinya. Biasanya para mekanik menyebutnya banjir.

Cara untuk mengatasinya, lepas karburator dan setel jarum pencampuran udara dan bahan bakar. Agar pencampuran udara dan bahan bakar sempurna gunakan main jet berukuran kecil. Jangan lupa lepas busi dan bersihkan bagian kepalanya. Bila perlu setel jarak antara pemantik busi dengan sumbu agar proses pengapian sempurna.

Itulah beberapa tips mengatasi permasalahan yang kerap terjadi di karburator motor. Semoga bermanfaat.

baca juga : cara mudah cek aki rusak atau tidak

Cara Mudah Cek Aki yang Rusak atau Tidak

kompilasitutorial.com
~ selamat datang kembali di sini para sobat. kali ini kami akan membahas tentang aki. siapakah yang tidak tahu tentang aki? sepertinya sobat semuanya sudah pada tahu yang namanya aki. aki mempunyai bentuk yang berbeda, dengan ukuran yang tidak sama begitu juga dengan kapasitasnya. jaman sekarang semakin canggih, dari aki basah , aki kering dan aki gel. aki mempunyai umur juga loh , semakin tua semakin drop. hal ini tidak memungkinkan dengan aki baru, aki baru juga sama bisa jadi baru berumur 2 bulan langsung mati. 
Pernah mengalami Mogok di Pagi Hari  gara- gara Aki yang sudah tak mau dijak Kompromi ?  Sungguh Menjengkelkan   Ketika tahu bahwa terjadi pada aki. kerusakan AKI  bisa bervariasi, mulai dari Umur Aki yang sudah melebihi batas pemakaian dan penggunaan yang salah hingga kerusakan alami Nah, kalo aki motor dan mobil Anda rusak, apa yang bisa kita lakukan ? Silahkan ikuti beberapa Tips cara mengatasi masalah diatas :

-Copot Dulu Aki dari Motor / Mobil Kalian
-Buka semua penutup  aki, kemudian buang semua isinya.
-Setelah terkuras habis, masukan air yang sedikit panas tersebut. Isi setengahnya saja, kemudian tutup semua lubangnya kembali dengan penutup kembali.
-Kocok-kocok aki tersebut sampai air yang ada didalamnya berubah warna menjadi hitam.
-Tujuan dari pengocokan aki tersebut adalah untuk membuang hasil sisa reaksi yang menempel di elemen aki dan di dasar box aki. Disamping itu, pemberian air sedikit panas tersebut berfungsi untuk menghidupkan kembali elemen yang sudah mati
-Jika air yang ada didalam aki sudah terlalu hitam dan pekat, Anda bisa membungnya dulu, kemudian mengulanginya lagi  1 kali 


-Ulangi terus sampai kotoran hasil reaksi yang ada didalam aki bersih (Dasar box aki terlihat tampa ada endapan)
-Jika dirasa sudah bersih, maka langkah terakhir, Anda bisa memasukan air aki jenis ZUUR
-Setelah selesai, pasang aki pada motor Anda. Tapi ingat, jangan langsung menggunakan untuk menstarter mesin motor atau Mobil kalian, tapi diamkan dulu, hal ini bertujuan untuk mengisi arus listrik dulu ke aki. 
-Setelah itu Coba starter ... Jreng . Greng.. Pet.. . Horee  Mati ya...
-Silahkan Ke Toko Onderdil untuk Ganti Aki Baru... Pizz :-) Mas Bro...
Demikian sedikit langkah mudah cara mengatasi aki soak ..Semoga Tips dan Trik diatas bermanfaat 

baca juga : cara mudah membuat autoshare fb dan twitter

Resep Sambal Salabance Sederhana Bikin Ngiler Khas Merangin

Kompilasitutorial.com
~ Selamat datang kembali para pecinta kuliner di tanah air. kali ini saya akan membahas tentang sambal. sambal merupakan makanan pendamping nasi yang sekiranya membuat orang ketagihan, meskipun identik dengan rasa yang pedas. sambal lebih nikmat jika di sajikan dengan nasi putih hangat. kita akan membahas sambal tapi bukan sembarang sambal, sambal ini merupakan salah satu makanan khas dari jambi khususnya merangin. nama sambal ini adalah sambal salabance. salabance berasal dari bahasa daerah muara siau, sala/ sia artinya tumis dan bance artinya di hancurkan. kalau di daerah jawa umumnya sambal geprek, namun untuk sambal salabance menggunakan bahan ikan baung. 

sambal salabance juga ada sejarahnya lho, Salabance ini asal mulanya pada zaman dahulu ada salah satu masyarakat Desa Muara Siau dalam satu keluarga memiliki sepuluh orang anak, sedangkan suaminya yang baru pulang dari sungai hanya mendapatkan dua ekor Ikan Baung. Kemudian sang istri berfikir, jika ikan tersebut digoreng maka tidaklah cukup untuk makan mereka. Akhirnya sang istri tersebut berfikir dan mendapatkan ide bagaimana dua ikan tadi di Bance (dihancurkan) saja. Kemudian dia mulai memasak Sambal Salabance, dan akhirnya Sambal Salabance tersebut cukup untuk makan mereka semua. sejak saat itu, cerita tersebut mulai menyebar dari mulut ke mulut hingga sekarang. nah dari cerita tersebut, alangkah baiknya kita melestarikan makanan nusantara yang sudah melegenda agar tidak tergerus jaman. untuk cara membuatnya juga sangat mudah, anda juga bisa membuatnya di rumah. untuk resepnya bisa anda temukan di bawah ini

Cara membuat salabance khas merangin
Bahan-bahan:
-Ikan baung
-Minyak sayur
-Cabe merah
-Cabe rawit
-Bawang merah
-Tomat
-Bawang kucai
-Garam

Cara Membuat salabance:
-Cabe merah, cabe rawit, bawang merah, tomat, dan garam dihaluskan.
-Goreng ikan baung yang sudah dibersihkan dan diberi sedikit garam, jangan sampai garing, cukup lembab saja, angkat dan tiriskan.
-Lalu masukkan bumbu yang sudah dihaluskan.
-Tumis bumbu yang sudah dihaluskan sampai matang, masukkan ikan baung yang sudah digoreng tadi, sambi terus diaduk.
-Adung sampai matang dan rata, masakan siap untuk dihidangkan 

baca juga : cara membuat air serbuk kawo yang nikmat

10 Tips dan Trik Membeli Mobil dan Motor Bekas yang Berkualitas

Kompilasitutorial.com
~ selamat berjumpa lagi sobat, salam sehat untuk kita semua. klai ini saya akan membahas tentang kendaraan bermotor seperti mobil dan motor. untuk jaman sekarang ini kendaraan seperti mobil atau motor menjadi barang yang perlu di pertimbangkan untuk menunjang mobilitas anda. namun, harga terbaru juga sangat fantastis, sudah tentunya di lengkapi dengan banyak fitur yang sangat menarik bukan. namun, banyak orang yang melihat kantong alias keuangannya untuk berniat membeli mobil maupun motor. nah dari itu, kami sarankan anda untuk membeli kendaraan bekas saja bagi anda yang mempunyai keuangan yang tidak berlebihan. jika bisa anda membeli secara cash saja agar terhindar dari hutang karena di hitung dari segi angsuran perbulan dan biaya perawatan. jika untuk kerja seperti mobil pick up dll, anda bisa beli kredit dengan kondisi barang baru, setelah lunas bisa anda jual dan beli secara kredit lagi. dan bagi anda yang ingin membeli secara cash namun bekas, alangkah baiknya anda teliti dalam membeli karena sekarang banyak penjual yang kurang jujur dalam berjualan. jika masih berniat membeli kendaraan bekas, sebaiknya anda mengajak orang yang paham betul tentang kendaraan dan jika tidak anda akan menyesal di kemudian hari. Masih Berminat beli Motor atau mobil bekas ? nih ada beberapa tips yang bisa kalian jadikan rekomendasi sebelum memutuskan untuk beli kenderaan bekas :

1. Harga Motor dan Mobil Bekas  di Pasaran
Sebelum anda melakukan pencarian motor atau mobil bekas yang akan anda beli, sebaiknya lakukan cek harga pasaran terlebih dahulu baik dari koran, majalah atau mungkin bisa juga dari Internet
 
2. Nomor Rangka Mesin Motor.
Periksa nomor rangka dan mesin motor dan mobil , lalu sesuaikan dengan nomor rangka serta nomor mesin yang tertera pada STNK maupun BPKB.
 
3.  Kondisi Fisik.
Periksa kondisi body, spion, baut, dashboard dan lain sebagainya, apakah terlihat banyak goresan, kondisi retak ataupun pecah. Usahakan juga akan lebih baik jika semua yang menempel pada motor dan mobil adalah parts orisinil.
 
4. Kondisi Oli.
Usahakan buka dan ukur oli yang ada di dalam mesin. Pastikan ukuran Oli tidak berlebihan, karena Oli yg berlebih akan membuat suara mesin menjadi lebih halus, sehingga dapat menyembunyikan suara asli motor dan mobil  yg mungkin berbunyi kasar atau berisik.
 
5. Speedometer.
Pastikan agar tidak ada retak atau adanya bekas pembongkaran. Lihat jumlah berapa km yang telah ditempuh oleh motor dan mobil  tersebut. Jika diatas 100.000 km maka dapat dipastikan akan banyak sekali komponen mesin yang akan segera anda diganti. Tentunya akan membutuhkan anggaran yang tidak sedikit.

6. Hidupkan Mesin Motor.
Coba hidupkan mesin motor dan mobil  tersebut, apakah bisa stationer atau langsam. Karena kondisi pada mesin yang tidak bermasalah dapat langsam pada putaran kurang lebih 1500 rpm. Serta pastikan juga bahwa tidak ada bunyi-bunyian yang kasar didalam mesin.
 
7.  Perpindahan Gigi.Kopling maupun Perseneling
Jalankan kendaraan dan perhatikan posisi perpindahan gigi apakah terasa sulit atau tidak. Apabila terasa sulit berarti menandakan kampas kopling motor tersebut akan segera habis. Satu lagi yang perlu diperhatikan juga adalah, jika terdengar suara mendesir pada saat motor dan mobil  berjalan. Kemungkinan besar gigi primer dari motor dan mobil tersebut akan segera habis.
 

8. Rangka atau Sasis Motor. / Mobil
Perhatikan kelurusan roda depan dan belakang, dan pastikan bahwa rangka atau sasis motor tersebut tidak ada kebengkokkan. Jalankan sekitar 40km/jam dan tekan rem sedikit mendadak untuk pastikan motordan mobil tidak sulit dikendalikan. Hal ini berguna untuk mendeteksi lurusnya sasis dan poros setang atau setir.
 
9. Kebocoran Oli

Usahakan anda dapat mencoba jalankan motor lebih lama, dan setelah motor dijalankan kurang lebih sekitar 1 Km. Perhatikan apakah terlihat adanya oli yang bocor melalui sela-sela mesin. Atau adanya air radiator bocor bagi motor yang menggunakan radiator.
 
10. Kondisi Kelistrikan.
Periksa juga kelistrikan dan lampu-lampu seperti lampu depan, lampu sein, lampu rem belakang, klakson, lampu speedometer, atau elektrik stater motor dan mobil. Apabila semua berfungsi atau hidup, berarti tidak ada kerusakan pada komponen dan kondisi aki tidak ada permasalahan.

Semoga bermanfaat, dan jangan lupa sesuaikan harga yang ditawarkan oleh penjual dengan kondisi motor yang akan dijual tersebut. Karena setiap motor atau mobil tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masin

Semoga bermnfaat 

baca juga : bukan sekedar pajangan! ini fungsi asli resonator